Ads Top

Blogger Hibah Sejuta Buku

SELAMAT ULANG TAHUN BHSB

Evaluasi Blogger Hibah Sejuta Buku
Bismillahirrahmanirrahim


Sudah hampir empat tahun Blogger Hibah Sejuta Buku (BHSB) digulirkan. Sedikit mengimbas kejadian beberapa tahun lalu mengenai BHSB, BHSB digulirkan pada akhir tahun 2009 tepatnya pada 13 November. BSHB adalah gerakan sosial dunia maya, di mana gerakan kami mengumpulkan buku dari berbagai daerah kemudian disalurkan ke tempat terpencil di daerah luar pulau Jawa.


November 2009 BHSB dicetuskan oleh Prima Wahyudi atau lebih dikenal dengan Datuk Bertuah. Saat itu Parima Wahyudi sedang melakukan KKN di Kepulauan Meranti-Riau, dari situlah kegiatan BHSB dimulai.


Pengumpulan buku dari teman-teman blogger dari berbagai daerah dikumpulkan langsung ke Pekanbaru. Jarak pengumpulan buku dan pengiriman hampir memakan waktu selama satu tahun. November 2010 buku yang sudah terkumpul baru dikirimkan oleh teman-teman komunitas Blogger Bertuah. Biaya saat itu menggunakan dana dari teman-teman komunitas Blogger Bertuah.


Setelah itu BHSB menyepi.


Oktober 2011 BHSB kembali dibuka kali ini dikoordinasi oleh Anazkia. Dengan tujuan Papua, BHSB fase kedua digulirkan. Berbeda dengan sebelumnya yang fokus pengiriman buku hanya di Pekanbaru, saat itu mulai dibuka volunteer dari berbagai daerah. Di mana tugas volunteer saat itu adalah memposting tulisan mengenai BHSB, bersedia menyediakan alamat, menerima pengiriman buku dan mengirimkan buku ke Jakarta sebelum dikirim ke pusat. Pengiriman buku sendiri kita satukan dengan Indonesia Penyala (Indonesia Mengajar). Saat itu biaya operasional belum begitu banyak.


Selanjutnya fase ketiga dengan tujuan Manusela. Pengumpulan buku dilaksanakan seperti biasa selama 3 bulan. Tapi akhirnya pengiriman buku ke Manusela dibatalkan karena mengalami kesulitan pengirimannya ke Manusela. Lantas buku yang sudah terkumpul kami alihkan ke beberapa tempat, Pulau Sebesi di Lampung dan pulau Tegal di Lampung. Masih ada sisa buku-buku pelajaran untuk anak-anak Sekolah Dasar (SD). Biaya pengiriman menggunakan uang kas BHSB dan pengiriman buku ini dilaksanakan langsung oleh teman-teman BHSB ke tempatnya langsung.


Fase keempat dengan tujuan Aceh berjalan lancar, baik pengumpulan dan pengiriman. Pengiriman ke Aceh menggunakan transportasi darat membutuhkan waktu empat hari. Biaya pengiriman sebanyak 5 juta rupiah menggunakan uang kas BHSB.


Fase kelima BHSB menuju Kalimantan Barat, proses pengumpulan buku masih menggunakan jeda waktu tiga bulan. Tapi untuk pengirimannya sendiri terlambat sangat lama. Alhamdulilah pengiriman buku ke Kalimantan Barat dengan menggunakan jasa pengiriman barang lebih murah di bawah satu juta rupiah. Seminggu kemudian buku sampai ke Kalimantan Barat.


Sekilas pergerakan BHSB baik pengumpulan dan pengirimannya. Untuk penggunaan uangnya nanti dibuat dalam file lain.


Ke depannya, diharapkan BHSB dapat bekerja sama dengan jasa pengiriman barang untuk meminimalisir dana pengiriman buku ke tujuan. Untuk sosialisasi media baik online maupun offline menggandeng sukarelawan yang mau ikut berkontribusi menyebarluaskan informasi fase BHSB yang sedang dituju.


Masih banyak kekurangan di sana-sini dengan pergerakan BHSB. Buat teman-teman yang memiliki ide dan saran amat sangat kami alu-alukan :)


Anazkia
terima kasih.


Catatan attayaya :
Fase keenam sebentar lagi akan bergulir, berharap semua blogger dapat menyumbangkan buku-buku bekas yang masih bermanfaat agar dapat kembali dimanfaatkan oleh saudara-saudara kita yang kekurangan bahan informasi untuk membuka jendela dunia.


Sekarang, BHSB banyak digerakkan oleh Anazkia (Bertuah dari Banten/Serang/Jakarta), Tengku Muda (Aceh Blogger Community), Roevolusi (Ambon Blogger di Jakarta) dan blogger-blogger daerah lain bekerjasama dengan berbagai pihak.

2 komentar:

  1. mau nyumbang buku,dikirim ke mana Pak?

    BalasHapus
  2. Sumbangan dapat dikirim ke :
    PEKANBARU - RIAU DAN SEKITARNYA
    1. Dwina
    Sekretariat Blogger Bertuah
    Jl. Sakinah I no. 2A
    Tangkerang Utara Pekanbaru
    Riau

    2. Maryo Sanjaya
    Sekretariat Bappeda Kota Pekanbaru
    Kantor Walikota Pekanbaru
    Jl. Sudirman Pekanbaru
    Riau
    0852 7146 4472

    BalasHapus

Hai blogger, Salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung kesini.

Diberdayakan oleh Blogger.